Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menelusuri Jejak Pulau Karnivora dalam Film Life of Pi

Bagi kalian yang sudah menonton Film Life of Pie (2012) pasti tahu sebuah pulau misterius yang menjadi salah satu bagian menarik dalam cerita film tersebut.

Pulau itu digambarkan sebagai pulau yang sangat indah. Namun, pulau itu ternyata menyimpan sejuta misteri yang sulit dipercaya akal.

Dikisahkan, kalau pulau itu, pohon, air, dan tumbuh-tumbuhannya merupakan karnivora atau pemakan daging saat malam hari.

Sedangkan pada siang hari, pulau itu tampak seperti pulau biasa di tengah samudera.

Entah keberadaan pulau itu nyata atau hanya imajinatif hanyalah tokoh utama dalam film itu yang tahu. Film Life of Pi sendiri merupakan kisah nyata yang diangkat dari novel Yann Matel tahun 2001 dengan judul yang sama.

Film Life of Pi menurut saya sangat bagus. Cerita yang disajikan sangat menarik. Efek film sangat mengesankan dan banyak nilai penting yang bisa diambil.

Film ini sangat cocok bagi mereka yang suka dengan misteri dan petualangan.

Bagi anda yang belum menonton film ini, saya sangat sarankan untuk segera menonton atau anda bisa juga membaca deskripsi singkat film melalui wikipedia.

Setelah itu, mari kita telusuri jejak pulau misterius dalam film tersebut.

 

Deskripsi Pulau dalam Film Life of Pi



Pulau karnivora, begitulah Pi sang tokoh utama dalam film menyebutnya. Pulau ini digambarkan seperti mengapung di salah satu bagian lautan di muka bumi.

Pada siang hari pulau ini kering dan memiliki danau-danau berbentuk lingkaran sempurna yang berisi air tawar.

Pada malam hari air laut naik atau mungkin pulaunya yang turun hingga daratan di pulau digenangi oleh air, sehingga pada malam hari di pulau itu hanya terlihat ujung-ujung pepohonan yang tidak tenggelam.

Berikut ini petikan percakapan mengenai pulau tersebut yang diceritakan oleh si tokoh utama saat adegan Pi tengah berada di pulau :

Tak sadarkah kau pulau itu karnivora ?
Karnivora ? Seperti tanaman Venus Flytrap ?
Ya. Seluruh pulau. Tanaman, air dan kolam, tanahnya juga. Pada siang hari, air kolamnya tawar. Tapi di malam hari, terjadi proses kimia......merubah airnya menjadi asam. Asam yang membunuh ikan - ikan itu. Dan membuat Meerkat lari ke pepohonan. Dan Richard Parker (harimau) berlari dan tinggal di perahu.



Seperti apa venus flytrap, mari kita bahas;

Venus Flytrap

Pulau itu seperti Venus Flytrap menurut  Pi dalam film.

Seperti apa tumbuhan ini bisa dilihat di blog teman kita yang menulis tentang Venus Flytrap secara ringkas :

Venus Flytrap mulai dipelajari pada abad 17 dan 18. Jika diterjemahkan secara harfiah maka Venus Flytrap berarti Venus Penjerat Serangga, cukup mampu untuk membangkitkan imajinasi seakan akan tumbuhan ini bergerak menangkap lalat, bagaimana jika tumbuhan ini hidup pada masa pra sejarah dan yang ditangkap adalah binatang melata? No way. Nenek moyangnya adalah keluarga Drosera.


Warna merah pada daun yang cukup menggoda hewan hewan seperti laba laba, belalang, semut dan lalat untuk hinggap dan menyentuh rambut rambut sensor halus yang bertebaran diatas permukaan daun. Ketika rambut sensor ini tersentuh dua kali atau bertambah dekat ujung2nya ,maka sensor mengaktifkan reflek daun dan menutup dengan cepat.

Kenapa Memakan Serangga?

Jika tanaman lain bisa berkembang pada gas di udara ditambah air dari tanah, mengapa Venus Flytraps memakan serangga? tumbuhan ini mendapatkan banyak nutrisi seperti yang dilakukan tanaman lain  melalui proses fotosintesis. Selama fotosintesis, tumbuhan menggunakan energi matahari untuk menggerakkan reaksi yang mengubah karbon dioksida dan air untuk mendapatkan gula dan oksigen. 

Gula yang dihasilkan ini kemudian diubah menjadi energi dalam bentuk ATP(Adenosine Triphospate - penyimpan sumber energi untuk sel-sel tubuh), melalui proses yang sama yang digunakan oleh tubuh kita untuk proses karbohidrat .

Namun, di samping untuk sintesis glukosa, tanaman juga perlu untuk membuat asam amino, vitamin dan komponen sel sel lain untuk bertahan hidup. Untuk mencapai hal ini, tanaman membutuhkan nutrisi tambahan seperti:

Nitrogen - untuk membuat asam amino , asam nukleat, protein
Fosfor - sebagai bagian dari energi membawa molekul ATP
Magnesium - sebagai faktor-pendukung yang banyak membantu fungsi enzim
Belerang - untuk membuat sedikit asam amino
Kalsium - sebagai faktor pendukung enzim dan untuk membuat sel dinding tanaman
Kalium - untuk mengatur pergerakan air masuk dan keluar dari tanaman

Jenis tanah yang selalu ditumbuhi oleh Venus Flytrap adalah tanah yang bersifat asam,  langka mineral dan nutrisi lainnya. Kebanyakan tanaman tidak dapat bertahan dalam lingkungan ini karena mereka tidak dapat membuat cukup sel sel yang diperlukan untuk pertumbuhan. Tumbuhan ini memiliki kemampuan  yang unik dengan mencari sarana alternatif untuk mendapatkan nutrisi penting seperti nitrogen. Makhluk hidup seperti serangga menyediakan sumber yang baik nutrisi yang hilang dari tanah, dan mereka juga mengandung energi karbohidrat sebagai tambahan.

Pulau Yang Hanya Dihuni Meerkat

Meerkat adalah hewan yang berkerabat dekat dengan luwak atau musang.

Dalam film digambarkan, ada jutaan meerkat yang menghuni pulau misterius itu. Seperti apa sebenarnya meerkat ini, coba baca ulasan dari wikipedia :

Meerkat atau Suricate adalah mamalia dan anggota dari keluarga luwak. Meerkat memiliki habitat di Gurun Kalahari di Botswana dan Afrika Selatan. Kelompok Meerkat disebut "mob", "geng", atau "klan". Klan Meerkat selalu terdiri 20 meerkat dalam satu waktu, tapi dalam sejumlah klan besar dapat terdapt 50 atau lebih. Usia hidup meerkat berkisar pada usia 12 hingga 14 tahun.


Dalam film Life of Pi, di pulau misterius hanya dihuni meerkat yang tinggal di pulau membentuk koloni besar. Meerkat ini, berkeliaran di pulau pada siang hari, dan tidur di atas pohon pada malam hari menghindari genangan air laut yang katanya berubah menjadi asam.

Makanan meerkat adalah serangga, kadal, dan hewan-hewan kecil yang mudah ditangkap.

Berdasarkan informasi ini, pulau misterius Pi yang dihuni jutaan koloni meerkat pasti menyediakan makanan bagi meerkat ini.

Kecuali para meerkat telah beradaptasi sehingga bisa menangkap ikan atau memakan daun tumbuhan.

Namun, kemugkinan meerkat untuk beradaptasi sampai bisa memakan ikan atau memakan daun-daun ini sangat kecil.

Yang paling mungkin adalah, di pulau itu ada serangga atau ada hewan lainnya yang menjadi makanan tetap para meerkat yang ada di situ.

Ok, kita bisa simpulkan tidak hanya meerkat yang hidup di pulau. Tapi ada serangga atau hewan lainnya yang menjadi mangsa para meerkat.

Malam Hari Pulau Tergenang Air Laut

Pi menceritakan pada malam hari, pulau misterius tersebut tergenang air yang menenggelamkan daratannya.

Ini adalah fenomena yang sangat unik. Bagaimana caranya air laut bisa naik ke daratan pulau hanya di malam hari?

Apakah pulau itu dipengaruhi pasang surut yang sangat ekstreem sehingga air laut menggenangi pulau itu pada saat pasang? Contohnya seperti salah satu pulau di daerah Bontang.

Namun, kemungkinan ini sangat kecil, karena berdasarkan pantauan saya, air pasang tidak hanya terjadi pada malam hari, akan tetapi terjadi juga pada pagi hari, siang hari, tergantung berapa umur bulan.

Bahkan jika harus terjadi pada malam hari itu tidak akan tepat pada malam hari, tapi mungkin saja sore dan berakhir subuh, mungkin juga tengah malam dan berakhir siang.

Sedangkan Pi tinggal di pulau itu beberapa hari, sehingga jika genangan air disebabkan oleh pasang surut yang ekstreem, Pi pasti sudah menyebutkan hal itu.

Apakah pulau itu pada malam hari bertambah berat sehingga daratannya tenggelam?

Kemungkinan ini masuk akal untuk menjawab kenapa malam hari daratan di pulau tergenang air laut.

Akan tetapi adakah pulau yang memiliki berat berbeda pada siang dan malamnya?

Genangan Air pada Malam Hari Menjadi Asam


Tidak hanya munculnya genangan yang jadi misteri, tapi bagaimana air genangan itu bisa menjadi asam dan membunuh hewan yang terperangkap di dalamnya.

Pertama-tama, untuk memikat hewan atau mangsa memasuki daerah genangan, air genangan tentunya harus bersifat normal seperti air biasa.

Karena sifatnya yang normal dan mungkin juga tersedia banyak makanan dan area bermain, ikan dan hewan kemudian mendatangi pulau misterius ini.

Kemudian, air berubah menjadi asam dan mencerna semua ikan dan hewan yang terperangkap di area berair pulau. Pulau pun memperoleh suplai makanan dan tetap hidup sebagai pulau karnivora.

Sumber air tawar di pulau

Anehnya di pulau ada semacam danau dengan permukaan berbentuk lingkaran sempurna berdiameter sekitar 5 meter. Airnya tawar.

Padahal, pada malam hari diceritakan kalau pulau ini tenggelam oleh air laut yang kemudian menjadi genangan asam pembunuh.

Entah bagaimana hubungannya dengan danau air tawar yang berbentuk lingkaran sempurna itu. Ini sangat misterius.

Apakah air di danau itu pada malam hari ikut bercampur dengan air laut? kemudian bercampur dengan asam? kemudian menjadi tawar pada siang hari?








Letak Pulau Misterius Pi

Berdasarkan kisah di Film Life of Pi maka kita tahu kapal kargo yang tenggelam membawa Pi dan keluarganya berangkat dari India dengan tujuan Kanada.

Namun kapal tersebut tenggelam di Samudra Pasifik dan pada akhirnya Pi terdampar di pantai Meksiko. Dimanakah pulau misterius Pi terletak?

Berdasarkan alur sederhana yang saya buat di atas, palling tidak ada 6 titik yang perlu dicurigai. Gambar di bawah ini adalah citra satelit google. 

Yang saya lingkari adalah bagian yang kira-kira berada di atas permukaan air laut. Entah dimana pulau itu berada, pasti akan sangat menarik bila ada yang ingin mengungkapnya lebih detail dan menelusuri misteri di pulau itu. 



75 komentar untuk "Menelusuri Jejak Pulau Karnivora dalam Film Life of Pi"

  1. Apa pulau itu emang beneran gan? Soalnya si pembuat novelnya hanya mengibaratkan suatu hal dengan pulau tersebut, yang bisa jadi pulau ini hanya suatu imajinasi si penulis saja. Kalaupun ada, pastinya ada suatu buku atau blog yang sudah pernah membahas tentang pulau karnivora ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar gan saya setuju, pulau itu memang cuman perumpamaan suatu hal, bukti yang paling logis bahwa pulau itu tidak ada , bisa dilihat adegan yang menggambarkan seluruh pulau tersebut berbentuk seperti manusia yang sedang tidur ! Jika dipahami lebih mendalam film ini memang lihai mengumpamakan suatu hal , bahkan harimau Richard Parker pun sebenarnya tidak pernah ada,

      Hapus
    2. Kalo saya kurang setuju, bukannya Pi disini pernah bilang "kalian tidak akan menemukan sejarah tentang pulau karnivora ini di buku ilmu pengetahuan manapun selain kalian datang kesini sendiri" kurang lebih seperti itu. Lagipula ini berdasarkan kisah nyata kan?

      Hapus
    3. Kalau secara fisik, mirip sama pulau senoa, di natuna. Jalurnya juga pas

      Hapus
    4. Ini serius berdasarkan kisah nyata?

      Hapus
    5. Bisa jdi Pi ini pada saat terdampar di samudra dgn situasi yg ada. dia berhalusinasi dgn pulau itu. dan pada saat dia di tanya dia menjawab ada nya pulau itu. dgn kata lain sebenarnya pulau itu tdk ada. "Hanya Allah yg tau smua nya

      Hapus
  2. Tidak ada orang yang tahu selain Pi sendiri. Tapi saya masih berharap kalau pulau itu memang benar pulau asli.

    Bukankah di lautan masih banyak misteri yang belum pernah kita temukan sama sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istana jin ada di lautan

      Hapus
    2. Setuju, lagipula cuma baru sekitar 5-10% laut yang udah dijelajah manusia

      Hapus
  3. haha kalo menurut gua mah simple aja setelah nonton film ini untuk kedua kalinya,tentang pulau karnivora itu kan ada simbol orang lagi tertidur kan ??
    coba deh kalian perhatikan lagi scene pas pi masih kecil waktu dia berdoa depan patung vishu persis banget sama simbol orang lagi tidur di pulau karnivora itu, yang maksudnya pulau itu menunjukan adalah bantuan dari dewa vishu waktu dia kecil, jadi intinya cerita versi pertamalah yang benar yang mengerucut pada endingnya bahwa pi akhirnya percaya bahwa tuhan itu ada dan membantunya, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini SS nya www.inipic.com/pictures/91833b9023eddbaff1a5784fb5b7c578.jpg

      Hapus
  4. Hal ini kembali di serahkan kepada para penonton, seperti pertanyaan di akhir film, cerita mana yang kamu percaya, itu terserqh kalian

    BalasHapus
  5. pulau karnivora yang di gambarkan pie itu ibaratnya manusia (bentuk pulau seperti manusia), saat di depan ( siang) dia akan menampakan semua kebaikan. namun belakang ( gelap/malam) kita dia akan memangsa kita. nampak jelas pulau itu dengan bentuk manusia tidur.

    BalasHapus
  6. Itu semua fiksi, Yann Martel sendiri yang konfirmasi di beberapa wawancaranya. http://abcnews.go.com/GMA/Books/story?id=124838

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims linknya, masih dibaca (awal2 masih bilang 'true story' tapi...)

      Hapus
  7. https://www.youtube.com/watch?v=6wIBEubLUus&list=FLidV2d8zixx_f36W9UdrTFA

    BalasHapus
  8. Jika pulau itu memang ada maka :
    a. Pada siang hari seluruh pulau tersebut berfotosintesis mulai dari akar hingga ujung daun. Akan mengeluarkan oksigen yg sgt besar.. Kandungan oksigen besar tersebut kemungkinan menetralisir garam mineral di danau air tawar tersebut.

    b. Pada malam hari kebalikannya.. Tdk ada matahari membuat seluruh pulau menggunakan oksigen di dalam air dan udara serta memproduksi carbondioksida dalam jumlah berlimpah.. Sehingga air garam berubah menjadi sangat asam (seperti rawa) dan jika kalian melihat bahwa pulau tersebut berpendar cahaya pada malam hari menunjukkan bahwa terdapat kandungan fosfor yg tinggi seperti pada jamur yg bisa bercahaya di malam hari. Dan fosfor tersebut beracun bagi mahluk hidup.

    BalasHapus
  9. Jika pulau itu memang ada maka :
    a. Pada siang hari seluruh pulau tersebut berfotosintesis mulai dari akar hingga ujung daun. Akan mengeluarkan oksigen yg sgt besar.. Kandungan oksigen besar tersebut kemungkinan menetralisir garam mineral di danau air tawar tersebut.

    b. Pada malam hari kebalikannya.. Tdk ada matahari membuat seluruh pulau menggunakan oksigen di dalam air dan udara serta memproduksi carbondioksida dalam jumlah berlimpah.. Sehingga air garam berubah menjadi sangat asam (seperti rawa) dan jika kalian melihat bahwa pulau tersebut berpendar cahaya pada malam hari menunjukkan bahwa terdapat kandungan fosfor yg tinggi seperti pada jamur yg bisa bercahaya di malam hari. Dan fosfor tersebut beracun bagi mahluk hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih tahun 2018 masih baca artikel ini, mantel gan

      Hapus
    2. Bahkan saya juga baru baca

      Hapus
    3. Saya angkatan corona

      Hapus
    4. Saya abis 17 agustusan teus nnton film life of pi ke 2 kalinya, penasaran sma pulaunya

      Hapus
    5. Saya apalagi, menjelang akhir 2020 baru baca 😁

      Hapus
    6. Saya baru baca 2021 hihi

      Hapus
    7. Saya masa ppkm baru komentar

      Hapus
    8. saya pertengahan januari 2022 nyimak lurs😁

      Hapus
  10. Nyata/tidak nyata, pada akhirnya Pi kan bilang kalau tanpa adanya pulau itu ia mungkin sudah menyerah.. Pi juga bilang kalau 'mungkin Tuhan yg mempertemukannya dgn pulau itu untuknya istirahat sejenak' ...
    Kalau perubahan siang dan malam paling masuk akal memang proses fotosintesis yg kemungkinan bisa menimbulkan reaksi tertentu..

    BalasHapus
  11. Haha seru banyak yg penasaran.. Kisah nyata atau fiksi ini jadinya??? Hayo2 2018

    BalasHapus
  12. komen 2018 terkahir

    BalasHapus
  13. Kalo menurut aku sih cerita yang sebenarnya adalah yang versi kedua yang di Ending.. sedangkan versi pertama hanya perumpamaan atau cerita versi gak kejamnya lah.. kalo pulau karnivora itu menurut aku yah perumpamaan juga mungkin.. soalnya tentang dia menemukan gigi manusia di bunga.. apa itu mungkin?

    BalasHapus
  14. sepertinya komen ini adalah komen terakhir di 2018, dan ini kedua kalinya gua nonton life of pi karena emg bener2 penasaran bgt sama pulau karnivora ini, dan gua pribadi sih percaya gak percaya karena manusia baru 5-10% menjelajahi lautan, mungkin ini benar2 terjadi kepada si pi, dan dia menceritakan apa yg dia alami.

    BalasHapus
  15. cukup tau aja kalo ada pulau yang cuma dihuni oleh meekat..merinding pas nonton..meekatnya banyak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan gw baca baca bro tentang meerkat, mereka nih hewan karnivora dan hidup di gurun apa lupa gw namanya, di Afrika Selatan....nah di film Pi nya kan diceritakan ada Meerkat yang hidup di pulau di tengah samudra Pasifik yang sangad luas...nah ini yg buat gw bertanya" dan bingung....apakah Meerkat ini udh beradaptasi dan bisa hidup di laut? Nah kalo di liat dri titik" yang dikasih tau...gw lebih percaya ke titik yang di dekat Papua Nugini Ama Australia...nah itu kan di Australia memang sebagian wilayahnya Gurun dan gersang...nah mungkin koloni Meerkat ini mulai bergerak ke atas pesisir pantai....nah tapi ceritanya mereka bisa ada di pulau itu dan merkoloni gw g tau.. mungkin kebawa arus ombak, gw juga blum tau, kemungkinan" bisa terjadi...nah yang gw lebih bingung adalah awal mulaa pulau misterius ini terbentuk... dikatakan pulau itu ada pohon..akar" dan ibarat seperti Venus flytrap....ya cukup masuk akal juga...ada Meerkat dan Venus flytrap yang memang memakan serangga" ini penuh misteri sih...gw lebih prepare buat selidikin terutama di titik yang gw omong tadi..siapa tau kan, coba coba...wkwkwkkw

      Hapus
  16. Saya baru aja lihat lagi di HBO. Ini merupakan kedua kalinya sy nonton.memang membuat penasaran.
    Antara cerita di endingnya yg benar (yg diceritakan ke 2 orang jepang) atau cerita tentang pulau karnivora lah yg benar2 nyata. Entahlah..... Menurut saya cerita ke orang jepanglah yg benar dan yg terjadi.

    REeferensi lainnya lihatlah film : HEART OF THE SEA. diperankan christ hemsworth

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, sama kaya in the heart of sea ya. saling bertahan hidup.

      Hapus
  17. Meninggalkan jejak dulu untuk komen di tahun 2019

    BalasHapus
  18. Aku yg terakhir komen haha kalah klen semuaaaa hahaha :)

    BalasHapus
  19. Jadi penasaran sama film ini

    BalasHapus
  20. Makin penasaran sama pulau ini

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Aku nyimak gan dr thn 2017
    Membaca dan menelusuri tentang film ini

    BalasHapus
  23. Baru nontn film ini nemu di laptop bini.
    . Gara" lagi ga da kerjaan
    Langsung penasaran cek google apkah ini film kisah nyata heuuheuheu

    BalasHapus
  24. Film yg Istimewa..
    Ky film Jorney to the center of the earth..

    BalasHapus
  25. Td mlm monton lagi di Fox Movie..
    Ipin, Semarang

    BalasHapus
  26. Gua baru komen disini 2020. Gua yakin, klo pulau karnivora itu memang benar ada.

    BalasHapus
  27. Keimanan merupakan keyakinan, tetapi terkadang berawal dari keraguan. Terkadang di sekitar kita bayak kisah dan cerita yang dialami seperti Pi itu, yang dianggap tidak rasional dan masuk akal. Kita sering menginginkan cerita versi lain yang dipandang lebih rasional padahal itu bukan kejadian yang sesungguhnya. Melalui film ini setidaknya kita dapat memberi sedikit kesempatan saja untuk mendengarkan kisahwalaupun kebanyakan orang menyatakan itu tidak masuk akal, yang justru itu kejadian sebenarnya.

    BalasHapus
  28. Yaaaa betul. Efek dirumah aja jadi nonton lagi film ini. Komentar lama gua mana yak wkwk

    BalasHapus
  29. Lah gue baru Nonton
    1 Mei 2020
    Semaleman kepikiran, dari Sahur sampe buka
    Hahahhha

    Gue lebih percaya cerita versi pertama dengan Richard Parker

    Tapi, di cerita Versi kedua PI begitu mendalami, sampe nangis juga cerita nya

    Dan di laporan tertulis, ada tulisan : tidak ada Harimau bengal dalam cargo kapal
    Nah...jadi mana cerita yg benernya ini yak

    BalasHapus
  30. aku penasran juga. ini kisah nyata bukan ya ?
    pasti adalah yg viksi,. nah pingin tau banget yg bner2 pngalaman pi yg mna ? huffttt...
    bner2 misterius. org kepo kyk gw smpai hrs memikirkan ini 🥺

    BalasHapus
  31. Baru nonton tadi pagi banget di HBO... Secara ilmiah cukup mungkin terjadi soal pulau karnivora (apalagi baca komen reaksi kimia di atas), tapi memang ada beberapa yang janggal dari soal meerkat yang di Afrika kok bisa hidup di tengah pasifik, dan setting cerita Pi ini tahun 70-an, perlu dikaji mendalam dari sisi sejarah juga ya. Lalu apakah penulis Yann Martel tahun 2000-an langsung bertemu Pi atau bagaimana masih penasaran. Thanks untuk link konfirmasi kisah ini fiksi, otw cek http://abcnews.go.com/GMA/Books/story?id=124838

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah bro gw 18 agustus ini jam 12 malem di HBO ada film life of pi lagi

      Hapus
    2. wah wkwk rutin ya tiap berapa bulan. film sukses memang ini. berharap ada sekuelnya yang kedua jadinya

      Hapus
  32. Ini film spiritual terbaik menurut ane. soal pulau karnivora mgkn ada tapi bisa jd itu tempatnya Jin. kan istana bangsa Jin ada di lautan.

    BalasHapus
  33. pulau karnivora itu si koki kejam yang pi bunuh

    BalasHapus
  34. Hallo gw baru aja selesai nonton life of PI dan masih bingung sm cerita versi mana yg sebenarnya terjadi. Jangan lupa mampir ke ig gw @annisfrdh

    BalasHapus
  35. 14 desember 2020 17:30 baru aja liat di hbo signature. padahal film th2012 dan baru nonton sekarang:(

    BalasHapus
  36. betulan true story ga ni film???

    BalasHapus
  37. Keren sih.. udah nonton ke 3 kalinya..wkwkwk full imajinasi dengan efek yang nampak natural dan indah.

    ����������������������
    ���� HANYA DENGAN Rp10 Saja.
    Kamu sudah bisa tambah Followers, Subscribe, Viewers, Jam tayang Semua MEDSOS TANPA PERANTARA DENGAN HARGA TERMURAH��

    Bisa untuk:
    ☑️ Approve Adsense
    ☑️ Perbanyak Follower & Subscribe Akunmu
    ☑️ Buat Banyak Like Postinganmu
    ☑️ Banyak Interaksi Pada Akunmu
    ☑️ Tampak Profesional Bisnismu.

    Ingin Mendapat Income??
    �� Bisa Untuk Kamu Jual Lagi Layanan Sosial media.

    ✅ AKUN AMAN
    �� PILIHAN BOT/REAL/AKTIF/PASIF
    �� FAILED ORDER = REFUND
    ��‍♀️ Costumer Service Ramah

    ��Highlight
    https://youtu.be/SNu5KewGrkU

    �� Server Pusat
    www.tambahfollower.my.id

    ����READY ALL SOSIAL MEDIA
    Facebook, Instagram, Youtube, TikTok, Twitter, Playstore,dll.

    BalasHapus
  38. Yes 2022 masih covid 19 type omnicorn btw saya alumni type delta..simpan buat kenangan

    BalasHapus
  39. Hadir alumni Omicron, sesudah COVID-19 di posisi Vaksin 1,2 Sinovak dan 3 Bosster. Akhir maret 2022

    BalasHapus
  40. Baca komentar smpai bwah.. 19 April 2022.. hadir krna sngat penasaran..

    BalasHapus